Jumat, 29 Oktober 2021

Manajemen Marketing - Forum 11 : Strategi Pemasaran untuk B2B (Business to Business)

 


Pemasaran B2B adalah sebuah aktifitas pemasaran yang terjadi antara pelaku bisnis dengan pelaku bisnis lainnnya. Produk yang dipasarkan biasanya barang industri atau barang modal. B2B adalah singkatan dari “business to business”, yaitu ketika bisnis adalah pelanggan utama. Pemasaran B2B adalah saat kita mengarahkan upaya pemasaran ke bisnis dan organisasi. Sedangkan, pemasaran B2C adalah saat kita mengarahkan strategi pemasaran untuk menarik konsumen individu. Menurut saya. dari beberapa elemen promosi seperti advertising, sales promotion, public relation, personal selling dan direct marketing, advertising masih efektif untuk diterapkan, hanya saja untuk pemasaran B2B harus dimodifikasi sedemikian rupa, seperti Go Online, dan lain sebagainya.

Ada beberapa metode yang bisa digunakan bisnis ketika ingin fokus pada pemasaran B2B. Beberapa metode tersebut antara lain:

1.  Blogging

Untuk menggunakan blogging dalam strategi pemasaran B2B, kita harus memperhatikan bahasa yang digunakan. Posting blog kita harus ditujukan untuk anggota tertentu dalam bisnis yang ditargetkan. Misalnya, kita dapat mengarahkan ke CEO, atau kepala departemen pemasaran. Pikirkan tentang masalah yang dipecahkan produk atau layanan kita, lalu tulis posting blog seputar topik ini. Sebagian besar pengambil keputusan dalam bisnis lain akan meneliti dengan cermat sebelum memutuskan produk atau layanan baru yang akan digunakan,.

2. Email

Email adalah taktik pemasaran umum untuk kampanye pemasaran B2B dan B2C. Untuk menggunakannya dalam kampanye B2B, kita ingin membuat pengambil keputusan dalam bisnis lain mendaftar ke daftar email kita.

3. Refferal

Pemasaran refferal adalah ketika kita menghasilkan penjualan melalui rekomendasi pelanggan sebelumnya. kita dapat menggunakan ini dalam strategi pemasaran B2B dengan mendorong pelanggan sebelumnya untuk merekomendasikan kita kepada pengambil keputusan dalam bisnis lain. Bisnis suka menerima diskon kapan pun mereka bisa, jadi jika kita juga dapat memberikan bonus rujukan, ini akan mendorong mereka untuk membuat lebih banyak rekomendasi.

4. Mengoptimalkan mesin pencari (SEO)

Sebelum sebuah bisnis membuat keputusan, ia akan melakukan banyak penelitian. Ini biasanya termasuk melakukan pencarian internet dan menelusuri hasil teratas. Untuk memasarkan produk atau layanan kita ke bisnis lain, kita harus muncul di bagian atas hasil pencarian untuk kata kunci yang terkait dengan bisnis. Kita dapat melakukan ini dengan memfokuskan sebagian perhatian pada SEO.

Ini adalah praktik memodifikasi situs web dengan cara tertentu untuk membuatnya lebih menarik bagi faktor-faktor yang dilihat mesin telusur saat menentukan urutan tampilan hasil mereka. Beberapa hal sederhana seperti mengubah judul posting blog atau mempercepat situs web dapat meningkatkan hasil yang jauh lebih tinggi.

5. Media sosial

Media sosial adalah strategi pemasaran B2C yang umum, tetapi juga efektif dalam penjualan B2B. Ini karena pengambil keputusan di bisnis lain juga ada di media sosial. Kita dapat menggunakan media sosial untuk mempromosikan produk, menghasilkan kesadaran merek dan meningkatkan otoritas merek.

Dengan bergabung dalam diskusi online, kita akan mulai mendapatkan lebih banyak perhatian dari pengambil keputusan dalam bisnis yang kita targetkan. Kita juga dapat membayar untuk menjalankan iklan di media sosial dan secara langsung menargetkan orang-orang yang bekerja untuk jenis perusahaan yang kita incar.

6. Pameran dagang dan konvensi

Pameran dagang dan konvensi adalah tempat yang tepat untuk bertemu dengan profesional industri lainnya dan mempromosikan bisnis. Ini adalah pertemuan pengambil keputusan dalam audiens target, yang pergi ke acara ini untuk bertemu profesional lain dan melihat apakah ada produk atau layanan yang ingin mereka coba. Di sini kita juga akan bertemu bisnis lain yang ingin menjual kepada kita, memungkinkan kita untuk meningkatkan bisnis sendiri. Pameran dagang pada dasarnya adalah acara jejaring yang sempurna untuk siapa saja yang terlibat dalam penjualan B2B.


Referensi :

https://accurate.id/marketing-manajemen/strategi-b2b-marketing/ 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar