Kamis, 21 Oktober 2021

Manajemen Marketing - Forum 1 : Permasalahan Marketing yang dialami diperusahaan

 


Saya bekerja di salah satu kontraktor jasa pertambangan batubara di Indonesia, yang bekerjasama dengan beberapa big customer seperti PT Adaro Indonesia, PT Berau Coal dan PT Bayan Resources. Seluruh kontrak kerja dengan customer disepakati oleh jajaran direksi kami di Head Office. Tugas kami yang berada di Jobsite hanya berfokus pada customer satisfaction sesuai dengan target yang telah disepakati dalam kontrak tersebut, salah satunya adalah performa safety. Beberapa tahun yang lalu di salah satu jobsite kami, secara berturut-turut selama 3 tahun mengalami kejadian kecelakaan fatal. Hal ini yang menjadi latar belakang customer melakukan pemutusan kontrak beberapa area kerja karena perusahaan kami dianggap tidak serius dalam program pencegahan kecelakaan. Setelah melihat kejadian ini, perusahaan kami melakukan "Rebranding" besar-besaran untuk mengembalikan kepercayaan customer terkait safety dengan cara menjalankan beberapa program diantaranya SAHABAT SHE, ZERO ACCIDENT MINDSET dan GENBA ON THE FIELD. Dalam beberapa tahun program ini dijalankan dan terbukti secara efektif dapat mencegah terjadinya kecelakaan fatal di tempat kerja kami. Setelah penantian panjang selama 7 tahun akhirnya perusahaan kami berhasil kembali mendapatkan kepercayaan customer berupa kesepakatan kontrak penambahan area kerja dengan kenaikan volume produksi yang sangat signifikan dari sebelumnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar