Saya bekerja di salah satu
kontraktor jasa pertambangan batubara di Indonesia, yang bekerjasama dengan
beberapa big customer seperti PT Adaro Indonesia, PT Berau Coal dan PT Bayan
Resources. Seluruh kontrak kerja dengan customer disepakati oleh jajaran
direksi kami di Head Office. Tugas kami yang berada di Jobsite hanya berfokus
pada customer satisfaction sesuai dengan target yang telah disepakati dalam
kontrak tersebut, salah satunya adalah performa safety. Beberapa tahun yang
lalu di salah satu jobsite kami, secara berturut-turut selama 3 tahun mengalami
kejadian kecelakaan fatal. Hal ini yang menjadi latar belakang customer
melakukan pemutusan kontrak beberapa area kerja karena perusahaan kami dianggap
tidak serius dalam program pencegahan kecelakaan. Setelah melihat kejadian ini,
perusahaan kami melakukan "Rebranding" besar-besaran untuk
mengembalikan kepercayaan customer terkait safety dengan cara menjalankan beberapa
program diantaranya SAHABAT SHE, ZERO ACCIDENT MINDSET dan GENBA ON THE FIELD.
Dalam beberapa tahun program ini dijalankan dan terbukti secara efektif dapat
mencegah terjadinya kecelakaan fatal di tempat kerja kami. Setelah penantian
panjang selama 7 tahun akhirnya perusahaan kami berhasil kembali mendapatkan
kepercayaan customer berupa kesepakatan kontrak penambahan area kerja dengan
kenaikan volume produksi yang sangat signifikan dari sebelumnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar