Sabtu, 23 Oktober 2021

Manajemen Marketing - Forum 9 : Sesuai atau Melebih Ekspektasi Pelanggan adalah Hal Terpenting

 


Delivering Customer Experience  adalah salah satu strategi penting dalam pemasaran dan merupakan tahap pertama dalam merebut hati pelanggan. Diharapkan pelanggan dapat merasakan dan mengalami sendiri keterlibatan terhadap suatu produk/jasa yang mereka bayar. Berbagai informasi kelebihan produk/jasa yang  mereka peroleh dari iklan seharusnya bisa sesuai dengan kenyataan setelah mereka menggunakannya sendiri. Jadi menurut saya, hal terpenting dalam Delivering Customer Experience adalah "Kesesuaian Produk/Jasa dengan informasi yang mereka peroleh dari iklan". Oleh karena itu, ketika melakukan promosi, perusahaan harus betul-betul memperhatikan konten iklan dan value dari produk/jasa yang ditawarkan. 

Contohnnya adalah pelayanan di hotel. Sebelum menginap, tentunya para pelanggan sudah melakukan  pencarian informasi mengenai kualitas pelayanan hotel tersebut, seperti kebersihan kamar, keramahan pegawai hotel, kecepatan pelayanan, keamanan dan kenyamanan suasana hotel, serta ketersediaan fasilitas. Kesan pelanggan hotel akan ditentukan dari experience mereka selama menginap di hotel apakah sesuai ekspektasi atau tidak. Pelanggan hotel hanya akan peduli pada experience yang mereka terima. Mereka tidak peduli dengan cara hotel membuat sistem, aturan, maupun prosedur di hotel tersebut. Lebih mendasar lagi, pelanggan hotel akan tersentuh dengan hal-hal yang sifatnya memanusiakan mereka. Dan logikanya, sesuatu yang menyentuh sisi pengalaman akan tertanam mendalam di hati orang. Pengalaman yang baik mendorong orang membagikanya kepada orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar