Kamis, 21 Oktober 2021

Manajemen Marketing - Forum 2 : Marketing 4.0



Adanya pandemi Covid-19 menyebabkan perubahan beberapa perilaku konsumen, salah satunya bisa kita lihat dalam hal cara konsumen berbelanja dan mengkonsumsi barang. Saat ini konsumen lebih memilih berbelanja secara online. Kalaupun dilakukan secara offline, konsumen akan lebih memilih berbelanja di toko yang lokasinya dekat dengan rumah. Selain itu, frekuensi belanja cenderung berkurang. Konsumen akan mengurangi frekuensi belanjanya, namun lebih ke memperbanyak porsi belanjaan dari biasanya. Jika dilihat dari barang yang dikonsumsi, terjadi perubahan prioritas dalam memilih apa yang akan dikonsumsi. Pengeluaran tidak wajib cenderung menurun, termasuk salah satunya konsumsi hiburan. Dibanding ke bioskop, konsumen akan lebih memilih hiburan melalui platform streaming. Konsumen juga lebih memilih media digital dalam memperoleh informasi. Selanjutnya, salah satu perubahan yang sangat terasa di antara kita adalah perubahan gaya hidup. Saat ini, konsumen lebih fokus dalam mengutamakan kesehatan dan kebersihan, sehingga hal ini berdampak positif terhadap penjualan produk kesehatan, produk organik dan produk alami.

Perubahan beberapa perilaku konsumen membuat para pelaku usaha harus dapat menyesuaikan dalam hal pemasaran dan penjualan. Pemasaran oleh para pelaku usaha dilakukan secara digital sejalan dengan perkembangan era marketing 4.0, dimana para konsumen telah mengalami lima tahapan yang disebut 5A (Aware, Appeal, Ask, Act, dan Advocate). Tahap Aware berbicara mengenai bagaimana konsumen mengenal suatu produk atau brand, diikuti dengan tahap Appeal ketika konsumen mulai tertarik dengan produk atau brand tersebut. Di tahap selanjutnya, konsumen akan berusaha untuk mencari tahu lebih dalam mengenai produk atau brand terkait (Ask). Jika informasi yang diperoleh berhasil meyakinkan konsumen, maka ada kemungkinan konsumen akan melakukan pembelian (Act). Belum berhenti sampai di situ, jika konsumen merasa puas terhadap produk atau jasa yang dibeli, maka ia akan merekomendasikan produk atau layanan tersebut kepada orang lain (Advocate). Lima tahapan tersebut terjadi ketika para pelaku usaha memanfaatkan e-marketplace, e-marketspace dan media sosial dalam hal memasarkan dan menjual produk/jasanya kepada para konsumen, dimana hal ini merupakan langkah yang sangat adaptif terhadap perubahan perilaku konsumen saat terjadi pandemi Covid-19 seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar