Rabu, 27 Oktober 2021

Manajemen Marketing - Forum 10 : Integrated Marketing Communication di Perusahaan

Integrated marketing communication (IMC) adalah suatu metode tentang bagaimana suatu bisnis bisa disampaikan dengan pesan yang sama pada seluruh media pemasaran. Integrated marketing communication dapat membentuk identitas merek dan pesan yang kuat di pasar. Sebab IMC mengoordinasikan dan memadukan semua saluran pemasaran untuk menyampaikan pesan yang konsisten. Menurut saya IMC sangat membantu strategi pemasaran dalam mencapai target penjualannya, karena beberapa hal, yaitu :

  • Pesan yang disampaikan secara konsisten akan lebih mudah dipahami oleh semua calon konsumen
  • Lebih mudah dalam membangun citra. Semua unsur-unsur brand akan mudah diterima oleh semua calon konsumen
  • Dapat meningkatkan pengalaman pelanggan. Di Era digital seperti sekarang, pelanggan tidak hanya mencari produk/jasa sesuai dengan apa yang dibutuhkan, namun mereka memerlukan pengalaman yang benar-benar memenuhi ekspektasinya

Kami merupakaan perusahaan jasa pertambangan, dimana kami bermitra dengan owner company dan stakeholder seperti masyarakat lingkar tambang dan pemerintah. Ketika melakukan promosi awal (sebelum kesepakatan kontrak), IMC ini kami terapkan kepada para owner company dan stakeholder dengan memanfaatkan elemen promosi soft sell seperti advertising, public relation dan CSR, sedangkan untuk hard sell menggunakan personal selling dan direct marketing yang dilakukan oleh divisi business development.

 

Setelah perusahaan menjalin kerjasama kontrak jangka panjang dengan para owner company, menurut saya, yang lebih efektif dilakukan saat ini adalah penerapan Customer Relationship Management (CRM), seperti memenuhi target customer dan menjaga hubungan baik dengan para stakeholder, baik masyarakat lingkar tambang maupun pemerintah, sehingga keberlangsungan operasional perusahaan akan tetap berjalan kondusif.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar