Integrated marketing communication
(IMC) adalah suatu metode tentang
bagaimana suatu bisnis bisa disampaikan dengan pesan yang sama pada seluruh
media pemasaran. Integrated marketing communication
dapat membentuk identitas merek dan pesan yang kuat di pasar. Sebab IMC mengoordinasikan dan
memadukan semua saluran pemasaran untuk menyampaikan pesan yang konsisten.
Menurut saya IMC sangat membantu
strategi pemasaran dalam mencapai target penjualannya, karena beberapa hal,
yaitu :
- Pesan yang disampaikan secara konsisten akan lebih mudah dipahami oleh semua calon konsumen
- Lebih mudah dalam membangun citra. Semua unsur-unsur brand akan mudah diterima oleh semua calon konsumen
- Dapat meningkatkan pengalaman pelanggan. Di Era digital seperti sekarang, pelanggan tidak hanya mencari produk/jasa sesuai dengan apa yang dibutuhkan, namun mereka memerlukan pengalaman yang benar-benar memenuhi ekspektasinya
Kami merupakaan perusahaan jasa pertambangan,
dimana kami bermitra dengan owner company dan stakeholder seperti masyarakat
lingkar tambang dan pemerintah. Ketika melakukan promosi awal (sebelum
kesepakatan kontrak), IMC ini kami terapkan
kepada para owner company dan stakeholder dengan memanfaatkan elemen promosi
soft sell seperti advertising, public relation dan CSR, sedangkan untuk hard
sell menggunakan personal selling dan direct marketing yang
dilakukan oleh divisi business development.
Setelah perusahaan menjalin kerjasama kontrak
jangka panjang dengan para owner company, menurut saya, yang lebih efektif
dilakukan saat ini adalah penerapan Customer Relationship Management (CRM),
seperti memenuhi target customer dan menjaga hubungan baik dengan para
stakeholder, baik masyarakat lingkar tambang maupun pemerintah, sehingga
keberlangsungan operasional perusahaan akan tetap berjalan kondusif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar