Jumat, 22 Oktober 2021

Manajemen Marketing - Forum 3 : Market Behavior terhadap BTS McD & Green Marketing


Market Behavior BTS McD

McD telah melakukan identifikasi consumer behavior yang dipengaruhi beberapa faktor yaitu cultural factor, personal factor dan social factor. McD menyadari betul bahwa sebagian besar target mereka adalah konsumen anak muda, dimana saat ini K-POP menjadi salah satu hiburan yang sangat diidolakan mereka. Dengan adanya BTS meal ini, McD berharap besar terjadi perubahan perilaku konsumen anak muda yang dominan dipengaruhi personal factor (lifestye) sehingga secara psikologi mereka akan termotivasi untuk segera melakukan pembelian. Strategi marketing memang cukup efektif saat itu, terbukti dengan banyaknya permintaan dari para konsumen, terutama anak muda. Namun yang perlu diperhatikan adalah aspek penjualan dalam jangka panjang. Dengan menggandeng BTS, biaya marketing yang dikeluarkan McD mungkin tidak sedikit dan mungkin saja kerjasama yang disepakati bukan jangka panjang. Sehingga dari sini bisa disimpulkan bahwa campaign yang mereka lakukan cukup efektif pada saat itu, hanya saja belum dapat menjamin benefit nya dalam jangka panjang.


Green Marketing

Green Marketing atau Pemasaran hijau adalah konsep kegiatan pemasaran yang dikembangkan untuk merangsang dan mempertahankan perilaku konsumen yang ramah lingkungan. Melihat realitas saat ini, kita tidak dapat memungkiri bahwa ketika penerapan beberapa kebijakan lingkungan, misalnya "tidak ada kantong plastik saat berbelanja", menimbulkan pro dan kontra. Pelaku usaha yang mendukung lebih karena mengurangi biaya pengadaan kantong plastik dan mensubstitusikannya dengan kantong berbayar ramah lingkungan . Dan pelaku usaha yang kurang mendukung salah satunya adalah kalangan UMKM, terutama untuk yang memiliki produk-produk cair/berkuah, dimana mereka tetap harus menggunakan kantong plastik. Dari sisi konsumen, sepertinya jika kebijakan ini dterapkan, tidak akan menyebabkan peubahan perilaku negatif yang dapat mempengaruhi penjualan dengan syarat sosialisasi dan edukasi yang cukup dan tidak terlalu membebani konsumen.
Di perusahaan saya yang merupakan perusahaan tambang, kepedulian lingkungan merupakan aspek yang sangat penting dan menjadi prioritas. Kita menerapkan good mining practice misalnya dengan menjaga air asam tambang agar tidak masuk ke perairan umum, melakukan reklamasi lahan setelah dilakukan eskploitasi, dll. Performance dalam aspek lingkungan inilah yang menjadi salah satu "branding" kami terhadap para customer atau calon customer serta para stakeholder (pemerintah dan masyarakat), sehingga konsep green marketing ini sangat sesuai diterapkan di perusahaan kami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar