Setiap awal tahun karyawan di perusahaan
kami akan melakukan pengisian IDP atau Individual Development Program. IDP
ini sangat berguna bagi atasan dalam melakukan mapping gap competency
anggotanya. HRD perusahaan telah memiliki matriks kompetensi pada setiap jabatan,
dan matriks ini akan terintegrasi dengan sistem IDP.
Di dalam aplikasi IDP terdapat dua menu utama, yaitu rating kompetensi
dan Development. Rating kompetensi mencakup tabel pemenuhan
beberapa jenis kompetensi, seperti kompetensi inti, kompetensi kepemimpinan,
kompetensi manajerial dan kompetensi teknikal, dimana pada setiap item tersebut
memiliki bentuk-bentuk kompetensi yang menjadi tolok ukur kompetensi seseorang pada
jabatan tertentu. Pada tahapan ini, atasan akan melakukan rating level
kompetensi anggotanya (1-5) pada tahun berjalan, kemudian membandingkannya
dengan standard level pada matriks kompetensi yang disepakati. Perbandingan
kedua parameter tersebut akan menghasilkan gap level kompetensi, dan gap
kompetensi ini lah yang akan menjadi fokus atasan dalam melakukan development
anggotanya.
Dalam proses development karyawan, terdapat tiga tipe program yaitu
Self Learning, Classroom Training & Assignment. Self Learning dapat
berupa membaca buku, jurnal atau menonton film sesuai tema, Classroom Training
merupakan pelatihan di dalam kelas oleh pihak internal maupun eksternal, dan Assignment
adalah penugasan secara langsung oleh atasan kepada anggota berdasarkan knowledge
yang telah diperoleh. Dalam
penentuan program ini seorang atasan harus melakukan coaching terhadap
anggotanya sampai diperoleh komitmen bersama bahwa anggota siap menjalankan
program dan atasan siap melakukan monitoring dan evaluasi secara kontinyu.
Atasan dan anggota dapat memilih ketiga program atau memilih minimal dua
program. Contoh : Self Learning & Assignment atau Classroom
Training & Assignment. Yang jelas, program yang dipilih harus diperinci
dan berdampak langsung terhadap penurunan gap level kompetensi.
Semua detail program tersebut harus memiliki target terukur, memiliki batas
waktu (due date), dilakukan monitoring tengah tahun dan final review oleh
atasan pada setiap akhir tahun. Tahap assignment menjadi salah satu tantangan
tersendiri bagi setiap karyawan karena harus melakukan transfer knowledge
kepada rekan kerja kemudian mendorongnya untuk bersama-sama
mengimplementasikannya di departemen masing-masing. Kaitannya dalam siklus knowledge
management yang meliputi capturing, sharing & application, semua
tahapan ini sudah dilalui dalam setiap implementasi Individual Development
Program atau IDP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar